Hukum Newton

Hukum Newton sangatlah penting di dalam mekanika. banyak persoalan mekanika yang dapat diselesaikan dengan menggunakan hukum-hukum Newton. misalkan tentang kebutuhan gaya untuk melakukan pengereman terhadap benda bergerak  ataupun untuk mempercepat sebuah benda. selain itu persoalan kesetimbangan juga dapat diselesaikan. persoalan-persoalan mekanika ini hanyalah sebagian kecil dari aplikasi hukum newton.

Hukum newton pertama adalah lanjutan dari percobaan galileo-galilei, dimana galileo. Hukum tersebut mengatakan bahwa “Pada benda diam, benda akan tetap diam jika resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut adalah nol. Sedangkan pada benda yang bergerak, benda akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama jika resultan gaya yang bekerja pada benda adalah nol.” secara matematis dituliskan bahwa jika ΣF=0, maka bendadiam akan tetap diam, dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama.

Hukum newton kedua adalah menyangkut gaya yang dikenakan terhadap sebuah benda bermasa m. Hukum Newton tersebut dirumuskan dengan

Σ F = m.a

Dimana

Σ F –> Resultan Gaya yang bekerja pada benda (N)

m –>  Massa Benda (Kg)

a —> Percepatan Benda (m/s2)

Σ F merupakan penggabungan dari beberapa gaya yang dikenakan terhadap benda, pada sebuah benda yang diletakkan pada permukaan kasar pasti ada gaya gesek.

Hukum Newton 3

Hukum Newton 3 menyebutkan bahwa

aksi = – reaksi

Untuk pembahasan yang lebih lengkap maka silahkan baca e-book yang tersedia pada link berikut

Buku 1

Buku 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s