Gerak Lurus

Pendahuluan
Gerak tidak selalu mengakibatkan perpindahan. Sesuatu benda dikatakan berpindah apabila terjadi perubahan posisi. Sedangkan posisi adalah titik yang menunjukkan letak sebuah benda pada saat tertentu. Benda bergerak juga membutuhkan titik referensi. Misalkan seseorang sedang berdiri di dalam sebuah bus, bus berjalan dengan kecepatan 40 km/jam, dan orang tersebut berjalan dengan kecepatan 4 km/jam. Bagi seseorang yang sedang berada di dalam bus, dan bagi seseorang yang berada di luar bus gerakan orang di dalam bus akan memiliki arti yang berbeda. Jika seseorang di dalam bus sedang mengamati orang yang berjalan tersebut di dalam bus, maka kecepatan orang tersebut adalah 4 Km/Jam. Sementara bagi orang yang berada di luar bus, kecepatan orang tersebut adalah 40 Km/Jam+5 Km/Jam. Menjadi 45 Km/jam.

Dalam kasus ini, kecepatan seseorang tergantung dari siapa yang melihat. Siapa yang melihat disini adalah referensi. Karena hal inilah maka di dalam persoalan gerak, referensi menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.

Selain dari referensi, arah gerakan juga harus diketahui. Arah yang berbeda akan menghasilkan dampak yang berbeda juga di dalam perhitungan. Kasus di awal tadi dianggap bahwa seseorang yang berjalan di dalam bus berjalan searah dengan arah bus. Seandainya arahnya berlawan, maka kecepatan juga akan berbeda terhadap orang yang sedang berdiri di luar bus.

Perpindahan dan Jarak

Perpindahan (Displacement) dapat didefenisikan sebagai perubahan posisi, secara matematis dituliskan.


Selanjutnya downlod disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s