Meningkatkan Keamanan Password Anda

Beberapa waktu yang lalu saya melihat account facebook seseorang terindikasi dibajak oleh orang lain. Hal ini tampak dari photo yang diupload oleh orang tersebut. Karena saya sangat yakin bahwa orang yang memiliki tersebut tidak mungkin melakukannya maka saya berkesimpulan bahwa itu adalah pekerjaan hacker,  untuk itu saya ingin memberikan beberap tips untuk lebih mengamankan password anda, baik password online maupun tidak.

Mungkin teman-teman sudah ada yang mengetahuinya sebelumnya, tetapi manatau ada yang belum memahami, silahkan dibaca dulu.

Fakta tentang password

Password adalah kombinasi dari huruf, angka maupun symbol tertentu yang berguna sebagai kunci untuk masuk dalam satu account tertentu. Sehingga secara logika jumlah huruf, ataupun gabungan huruf dengan angka dan symbol akan berbanding lurus dengan kesulitan membobol password anda.  Berikut ini adalah tinjauan yang saya dapatkan dari kompas.com, yang diambil dari PC World.

Password Enam Karakter Tanpa Simbol Khusus: 2.25 Milyar Kemungkinan Kombinasi

  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara online dengan aplikasi web yang mampu membuat seribu tebakan per detik: 3.7 minggu.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara offline dengan komputer server atau desktop  berkinerja tinggi yang mampu membuat seratus milyar tebakan per detik: 0.0224 detik.

Password Sepuluh Karakter Tanpa Simbol Khusus: 3.76 Quadrillion (3.76 Juta Milyar) Kemungkinan Kombinasi

  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara online dengan aplikasi web yang mampu membuat seribu tebakan per detik: 3.7 minggu.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara offline dengan komputer server atau desktop  berkinerja tinggi yang mampu membuat seratus milyar tebakan per detik: 10.45 jam.

Tambahan satu simbol saja akan menambah jumlah-jumlah kemungkinan di atas sebanyak berkali-kali lipat:

 Password Enam Karakter Dengan Simbol Khusus: 7.6 Triliun Kemungkinan Kombinasi

  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara online dengan aplikasi web yang mampu membuat  seribu tebakan per detik: 2.4 abad/ 240 tahun.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara offline dengan komputer server atau desktop  berkinerja tinggi yang mampu membuat seratus milyar tebakan per detik: 1.26 menit.

Password Sepuluh Karakter Dengan Simbol Khusus: 171.3 Xextillion (171.269.557.687.901.638.419) Kemungkinan Kombinasi

  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara online dengan aplikasi web yang mampu membuat seribu tebakan per detik: 54.46 juta abad/ 5 milyar 446 juta tahun.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas meretas password secara offline dengan komputer server atau desktop  berkinerja tinggi yang mampu membuat seratus milyar tebakan per detik: 54.46 tahun.

Meningkatkan keamanan password

Tidak ada yang dapat menjamin password anda pasti tidak bobol, tetapi anda dapat menjamin password anda akan susah dibobol. Bagaimana kita meningkatkan keamanan password?. Berikut adalah beberapa cara.

  1. Buatlah password dengan kombinasi yang susah ditebak, tediri dari minimal 6 karakter bukan merupakan kata baku yang dikenal dalam bahasa sehari-hari. Kombinasi antara huruf angka dan Symbol akan sangat membantu mempersulit menebak password. Sementara penggunaan kombinasi huruf besar dan huruf kecil juga akan sangat membantu.
  2. Hindari penggunaan tanggal lahir, kota asal, ataupun kota tinggal.
  3. Untuk password offline, misalnya password login ke windows, juga berlaku hal yang sama. Tetapi jika pembobol punya akses langsung secara fisik ke computer anda, maka  password akan sangat mudah dibobol dengan bantuan software.
  4. Untuk password dokumen juga berlaku hal yang sama, password memungkinkan sangat mudah dibobol dengan bantuan software-software tertentu.
  5. Untuk password online perhatikanlah hal-hal berikut:

–          Pastikan untuk tidak memberikan password kepada orang lain, jika pun harus memberitahukan password kepada orang yang anda mintai tolong, segeralah mengganti setelah proses selesai.

–          Pastikan bahwa computer anda bersih dari spyware misalnya keyloggger, yang dapat mereka ketikan keyboard anda dengan mudah, untuk ini, hindarilah megakses account penting anda di warung internet, tetapi jika memang terpaksa ya.. apa boleh buat. Disarankan mengganti password segera di tempat yang aman.

–          Jika anda akses account di tempat umum, pastikan anda selalu memilih never remember password. Dan jangan mencentang pilihan keep me login.

–          Pastikan anda sudah log out sebelum meninggalkan computer anda.

–          Untuk lebih aman, jika sudah selesai browsing hapuslah semua history, cookies, cache, dll dari browser anda dari menu tool (di MF)

–          Khusus untuk login pada website tertentu, misalkan pembelian tiket atau belanja online, pastikan untuk melihat bahwa alamat lembaran yang sedang anda isi dimulai dengan https:, kecuali anda sangat wakin bahwa websiter tersebut adalah website asli dan tidak sedang dibajak. Tetapi untuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya selalu menggunakan https:

–          Untuk pengguna facebook, Hindari  memunculkan alamat email anda di user info. Karena memberitahukan email di account facebook anda telah sangat membantu seseorang untuk membobol password anda.

–          Berhati-hatilah untuk mengikut aplikasi-aplikasi yang terintegrasi degan facebook. Karena bisa saja aplikasi-aplikasi ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Atau aplikasi tersebut memilik kelemahan system keamanan user.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s