HUKUM NEWTON DALAM GERAK

 Pendahuluan

Barangkali anda pernah berpikir, mengapa sebuah benda terkadang begitu mudah didorong, dan benda lain tidak bergerak sekalipun didorong dengan kekuatan yang sama. Atau ketika anda mengendarai mobil, lalu anda menginjak rem, setelah itu mobil akan berhenti setelah menempuh jarak tertentu. Contoh-contoh ini adalah peristiwa fisika yang melibatkan Hukum Newton. Hukum Newton adalah hukum yang paling banyak digunakan dalam fisika mekanika. Disebut Hukum Newton disebabkan karena yang menemukan konsep ini pertama sekali adalah Isaac Newton (1642-1727). Beliau adalah seorang fisikawan sekaligus matematikawan berkebangsaan Inggris. Sebelum usia 30 tahun Newton telah mengeluarkan konsep gravitasi dan menemukan model matematis dari kalkulus. Dengan inilah Newton dapat mengurai banyak sekali persoalan-persoalan mekanika.

Konsep Gaya

Gaya dapat dipahami dengan mudah dari pengalaman sehari-hari, misalnya ketika anda menarik buku dari sebuah tumpukan, buku tersebut akan keluar dari tumpukan dan terlepas. Dalam hal ini ada gaya yang menyebabkan buku dapat keluar. Contoh lain adalah ketika anda mendorong sebuah benda pada lantai yang licin, benda tersebut akan bergerak dengan kecepatan tertentu. Dalam hal ini ada gaya yang menyebabkan benda bergerak. Namun tidak selalu ketika ada gaya yang diberikan terhadap suatu benda  atau gaya yang bekerja pada satu benda akan selalu ada perpindahan, atau perubahan kecepatan. Ketika anda sedang duduk santai di atas kursi, sebenarnya kursi mengalami gaya berat dari tubuh anda karena adanya gravitasi bumi. Tetapi kursi tersebut tetap diam, dan anda juga tetap pada posisi ketinggian tertentu.

Gaya merupakan besaran vektor, sehingga jika sejumlah gaya bekerja pada sebuah benda, kita harus memperhatikan arahnya, dan penjumlahannya juga harus dilakukan secara vektor. Berikutnya kita mungkin menemukan istilah resultan gaya, yang merupakan hasil penjulahan vektoris, keseimbangan gaya, dan juga gaya bersih. Gaya dapat berlangsung pada sebuah benda secara langsung,disebut contact force  dan juga gaya yang dialami benda secara tidak langsung yang disebut field force. Contoh dari field force adalah gaya yang mengakibatkan bulan berputar mengelilingi bumi, dan bumi berputar mengelilingi matahari. Contoh lain adalah magnet yang dapat mengakibatkan besi tertarik kepadanya.

Hukum Newton I

 Hukum newton pertama mengatakan bahwa apabila resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda adalah nol, maka benda yang diam akan tetap diam, dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama.

 Hal ini tidak berlaku untuk semua hal. Misalkan ketika anda berada di dalam sebuah bus, lalu tiba-tiba bus direm, maka benda-benda yang diletakkan di lantai bus ataupun di dalam bus akan bergerak ke arah depan. Padahal tidak ada seorang pun yang menarik atau mendorong benda tersebut. Dalam kasus seperti ini hukum newton pertama menjadi tidak berlaku, sebenarnya tidak ada gaya yang bekerja pada benda-benda tersebut. Yang terjadi adalah, benda-benda tersebut akan mempertahankan kecepatanya semula. Inilah yang disebut dengan inersia. Supaya Hukum Newton ini dapat berlaku, maka diberikan referensi inersia yaitu bumi, atau benda yang bergerak dengan kecepatan yang konstan.

 Hukum Newton II

Hukum newton II berbunyi, Jumlah gaya neto yang bekerja pada sebuah benda akan sama dengan hasil perkalian antara massa dan percepatan yang dihasilkan. Secara matematika hubungan ini dapat dituliskan dengan persamaan berikut.

Selanjutnya download disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s