BEASISWA SEKOLAH KE TAIWAN

Oleh: Marojahan Tampubolon, MSc

Untuk dokumen dalam bentuk pdf, download BEASISWA SEKOLAH KE TAIWAN(Q and A)

Poster ver1.1

Pendahuluan

Dokumen ini bukanlah dokumen resmi yang diterbitkan oleh institusi terkait. Tetapi disusun berdasarkan dokumen yang dipublikasikan oleh institusi terkait. Apa yang disusun disini belum tentu bisa diaplikasikan untuk semua universitas, oleh karena itu perlu mengecek kembali ke universitas yang ingin dituju.

Tujuan dari penulisan dokumen ini adalah untuk menjelaskan secara umum pilihan beasiswa jika ingin melanjut sekolah di Taiwan, dokumen apa saja yang dibutuhkan, bagaimana cara melamar, dan informasi lain yang berhubungan.

Tanya-Jawab

Apa saja beasiswa yang ada di Taiwan?

(sumber: www.studyintaiwan.org)

  1. MOFA Taiwan Scholarship
    1. Duration: undergraduate (max. 4 years), master’s (max. 2 years), Ph.D. (max4years), pre-degree Mandarin Language Program (max. 1 year) available
    2. Monthly stipend: NT$30,000
    3. *LEP Monthly stipend: NT$25,000
    4. One direct round-trip economy-class ticket
    5. For recipients from countries with diplomatic ties with the R.O.C.

 

  1. MOE Taiwan Scholarship
    1. Duration: undergraduate program (max. 4 years), master’s (max. 2 years), Ph.D. (max. 4 years)
    2. Monthly stipends: NT$15,000 for undergraduate, NT$20,000 for master’s or Ph.D.
    3. Waiver of tuition and certain fees
    4. Recipients can only study at universities participating in the Taiwan Scholarship Program.
    5. Only for recipients from eligible countries designated by the MOE

 

  1. TIGP Scholarship
    1. Duration: Ph.D. program (max. 3 years)
    2. Monthly stipend: NT$34,000
    3. Recipients can only be enrolled in one of the highly specialized interdisciplinary Ph.D. programs run in collaboration with research universities in Taiwan
    4. Fields: life science, mathematics, and earth system science

  1. ICDF Scholarship
    1. Duration: undergraduate (max. 4 years),master’s (max. 2 years), Ph.D. (max. 4 years)
    2. Monthly stipends: NT$12,000 for undergraduate, NT$15,000 for master’s, NT$17,000 for Ph.D.
    3. Book costs, credit fees, tuition fees, housing, and insurance covered
    4. Fields: mainly in agriculture, medicine, engineering, business administration, and technology
    5. Recipients can only be enrolled in one program in collaboration with the TaiwanICDF and an associated university in Taiwan
    6. One direct round-trip economy-class ticket
    7. Only for recipients from countries with diplomatic ties with the R.O.C. and certain developing countries
  2. University Scholarship

Beasiswa ini disediakan oleh universitas, dengan besaran yang berbeda-beda.

Penjelasan singkat:

  • Jenis beasiswa MOFA dan MOE diseleksi oleh pemerintah Taiwan melalui perwakilan yang ada di Indonesia (TETO), sehingga dokumen lamaran beasiswa harus dikirimkan ke TETO dan/atau ke universitas yang dituju. Sementara dokumen untuk melamar program studi, harus tetap dikirimkan ke universitas yang dituju sesuai dengan metode yang diinginkan oleh universitas tersebut.
  • Beasiswa TIGP adalah beasiswa yang dikelola oleh lembaga riset yang bernama Academia Sinica.
  • Beasiswa ICDF adalah beasiswa yang berasal dari lembaga misi Taiwan untuk pembangunan di negara-negara lain.
  • Beasiswa dari universitas (university scholarship) hampir merata tersebar di seluruh universitas di Taiwan. Besaran beasiswa ini sangat bervariasi, mulai dari hanya memberikan setengah uang kuliah sampai pada sampai memberi biaya bulanan. Informasi lebih detail mengenai beasiswa ini dapat diperoleh dari universitas-universitas yang dituju.

Beasiswa apa yang sebaiknya saya daftar?

Pertama sekali anda harus melihat persyaratan untuk beasiswa-beasiswa tersebut. Perhatikan batasan-batasan yang berlaku pada beasiswa tersebut. Jika anda memenuhi syarat maka tentunya anda bisa mendaftar. Namun walaupun demikian anda perlu menerapkan prinsip sederhana, bahwa semakin besar beasiswa yang ditawarkan semakin tinggi tingkat persaingannya. Oleh karena itu ada baiknya anda mengukur kemampuan anda, dan menentukan sendiri beasiswa pilihan anda. Jika anda ingin mencoba lebih dari satu beasiswa, hal tersebut mungkin bisa dilakukan, sepanjang dalam aplikasi lamaran anda tidak diharuskan untuk memilih jenis beasiswa. Misalnya untuk melamar di NTUST ada pilihan “Taiwan Scholarship” dan “NTUST scholarship”.

Dalam hal beasiswa dari universitas, selain mempertimbangkan kemampuan, besaran beasiswa, anda perlu juga mempertimbangkan kondisi mahasiswa internasional di kampus tersebut, kondisi kampus, dan juga perpanjangan beasiswa. Untuk memperoleh informasi mengenai hal ini, anda disarankan bertanya secara langsung kepada mahasiswa atau alumni yang berasal dari kampus tersebut.

Ada alamat website yang bisa membantu?

Penjelasan: website TETO menyediakan informasi untuk MOFA and MOE Scholarship. Website study in Taiwan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti, mencari website universitas, department yang tersedia, mengetahui apakah ada pengajaran dalam Bahasa inggris atau tidak, dll.

Kemana harus melamar?

Jika beasiswa berasal dari pemerintah, maka lamaran harus dikirim ke perwakilan pemerintah Taiwan di Indonesia, dan juga ke universitas yang diinginkan. Beberapa universitas ada yang cukup hanya mengisi aplikasi online dan mengunggah dokumen-dokumen yang telah diminta, atau mengirimkannya ke email yang telah ditentukan. Beberapa yang lain mengharuskan pengiriman dokumen (hardcopy)

Jika beasiswa berasal dari universitas, cukup melamar ke universitas tersebut, dan mencentang pilihan beasiswa universitas dalam aplikasi online yang telah disediakan. Lalu mengirimkan semua dokumen ke universitas yang dilamar.

Apa saja syarat umum pendaftaran beasiswa di Taiwan?

Syarat kewarganegaraan berlaku bagi semua beasiswa, seseorang tidak bisa memiliki kewarganegaraan ROC (Taiwan). Yang disebutkan warga Negara Taiwan ini dapat dilihat pada dokumen-dokumen panduan yang biasanya disediakan diwebsite.

Syarat dokumen meliputi:

  1. Formulir yang telah diisi, sebagian universitas menyediakan softcopy dokumen dan diisi, sebagian menyediakan formulir isian online yang harus dicetak kembali.
  2. Fotocopy Ijazah dalam Bahasa Inggris yang dilegalisir. Untuk pelamar S-2 diperlukan Izajah S-1, untuk pelamar S-3 diperlukan Izajah S-1 dan S-2
  3. Fotocopy Transkrip Nilai dalam Bahasa Inggris yang dilegalisir.
  4. Fotocopy sertifikat test kemampuan Bahasa inggris (TOEFL, TOEIC, IELTS) yang dilegalisir, ditambah (mandarin jika diminta)
  5. Surat rekomendasi dari minimal 2 orang
  6. Study Plan
  7. Bukti pembayaran biaya pendaftaran (Jika memiliki biaya pendaftaran)
  8. Di dalam panduan mungkin anda akan menemukan beberapa universitas menuliskan dokumen yang harus dilegalisir oleh perwakilan Taiwan. Untuk proses pendaftaran awal, hal ini tidak dibutuhkan. Anda perlu melakukannya jika telah diterima dan akan datang kesini.

Bagaimana saya memilih universitas?

  • Tentukan jurusan yang ingin anda lamar.
  • Kunjungi website study in Taiwan http://www.studyintaiwan.org/ untuk melihat universitas apa saja yang memiliki jurusan tersebut. Ikuti link yang tersedia, jika link rusak, mencari dari google akan sangat membantu.
  • Pastikan jurusan yang anda inginkan menerima mahasiswa internasional.
  • Pastikan bahwa jurusan tersebut ada dalam cakupan beasiswa yang ingin anda lamar.
  • Perhatikan group riset yang ada di dalam jurusan tersebut, jika group riset yang anda inginkan ada, maka jurusan ini bisa menjadi pilihan yan layak dipertimbangkan.
  • Pertimbangan jumlah beasiswa yang ditawarkan, beserta syarat perpanjangan dan periode perpanjangan.
  • Hendaknya anda mengunjungi dan memperhatikan secara teliti semua hal di atas sebelum menentukan pilihan.

Bagaimana cara mendaftar online?

  • Masuk ke website universitas yang anda inginkan. Biasanya semua yang berhubungan dengan pendaftaran ada di bagian Admission, atau International Student, atau Apply.
  • Lihat metode pendaftaran yang digunakan oleh universitas. Sebagian universitas menyediakan semua formulir di website pendaftaran lalu cukup mendownload, lalu mengisi dokumen dan mengirimkan kembali kepada universitas melalui alamat email yang ditentukan. Jika melalui isian online silahkan mengikuti.
  • Untuk pendafataran dengan isian formulir online, anda harus mebuat akun sebelum mendaftar. Contoh berikut adalah tampilan untuk membuat akun di website NTUST.
  • Lengkapi semua data, simpan, dan cek lagi sebelum submit. Setelah submit anda tidak bisa memodifikasi dokumen lagi.
  • Setelah submit, download semua dokumen yang diperlukan. Contohnya jika anda melamar ke NTUST anda perlu mendownload file : Envelope, Application Form, Declaration, Authorization
  • online_registration.JPG

5 thoughts on “BEASISWA SEKOLAH KE TAIWAN

      1. Pengen kali bg. Hehe. Tapi mungkin belum bisa sekarang, terkait aktifitas pekerjaan.
        Semoga ntar kesampean bg,🙂
        Semangat ya bg kuliahnya, and jangan lupa ntar ajar2in kita kiat2nya..
        Tuhan berkati bg. hhe

  1. bg, kalau misalnga kami yg bergelar S.Pd lanjutnya kalau. ambil S2 bidang apa ya.
    dr jurusan pendidikan akuntansi bg
    #Sabet juntak

    1. Halo sabet, bisa Saja melanjut di program akuntansi yg non pendidikan. Tapi memang kalau mau memdalami pendidikannya bisa menlanjut ke jurusan yg fokus pada pendidikannya. Aku kurang tahu persis jurusan2 apa Saja yg seperti ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s